Saturday, 5 September 2015

RPP Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi K!#

DINAS PENDIDIKAN KOTA BATU
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BATU
(STATE SENIOR HIGH SCHOOL)
Program Studi :Ilmu Bahasa; Ilmu Alam; dan Ilmu Sosial
Jl. Hasanuddin,  Junrejo, Batu. ((0341) 465454
=======================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

     
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XI MIA 1 / GANJIL
Materi Pokok              : Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
AlokasiWaktu             : 2 X 45 Menit
Pertemuan                   : ke 3

A.     KOMPETENSI  INTI (KI)
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati, mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar
1.1  Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
2.1  Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
3.1  Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
4.1  Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya

C.      Indikator
1.1.1   Mengamalkan ajaran agama dalam konsep pembangunan ekonomi, petumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
2.1.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1.8   Menyebutkan 5 Permasalahan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia
3.1.9   Menyebutkan 5 Solusi Permasalahan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia
4.1.1 Menyajikan 5 Permasalahan Pertumbuhan Ekonomi Beserta Solusinya di Indonesia

D.      Materi Pembelajaran (terlampir)
1.      Permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia
2.      Solusi permasalahan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan ekonomi yang ada di Indonesia

E. Langkah-Langkah KegiatanPembelajaran

Kegiatan
Pendekatan, Metode & Model
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
Saintifik

Discovery Learning

Problem Base Introduction

·   Menyiapkan peserta didik secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
·   Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi.
·   Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran
·   Memperkenalkan kepada siswa tentang model pembelajaran PBI
10 menit
INTI
Stimulus
·    Menampilkan gambar mengenai permasalahan pertumbuhan ekonomi dan artikel yang berjudul “Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Melambat ke Level 4,67%”
·   Siswa mengamati gambar dan permasalahan pertumbuhan ekonomi di Indonesia
6 menit
Mengamati
(Observing)
·   Siswa mengamati permasalahan pertumbuhan ekonomi di Indonesia
6 menit
Menanya(Questioning)

·   Siswa bertanya terkait permasalahan pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta tanya jawab interaktif dengan guru
6 menit
Mencoba / mengumpulkan informasi (Experimenting)

·   Siswa mengumpulkan informasi dan  berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai permasalahan pertumbuhan ekonomi di Indonesia melalui browsing maupun dari buku teks.
6 menit
Problem Base Introduction
·   Siswa melakukan metode PBI  secara berkelompok dan menyampikan hasil diskusinya di depan kelas
30 menit
Menalar / mengasosiasi (Associating)
·   Siswa berdiskusi dengan pasangannya mengenai pertanyaan yang diberikan oleh pasangan lain
16 menit
PENUTUP

·   Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam
10 menit


F. Media, Alat,danSumber  Pembelajaran   
a.      Media                            : Internet, Power Point
b.      Alat                               : Papan Tulis, Spidol/Kapur Tulis, Laptop, Penghapus
c.      Sumber Belajar             : Buku Ekonomi Kelas XI : Suparmin, dkk. 2014. EKONOMI XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Surakarta:Mediatama, Internet.





















G. PenilaianProsesdanHasilPembelajaran
Ø  Jenis      :    Tes          : Lembar Kerja
              Non Tes : Lembar pengamatan/ rubrik penilaian diskusi dan presentasi
Ø  Teknik dan bentuk penilaian :
1) Penilaian kompetensi pengetahuan
a)    Tes tulis dalam bentuk soal obyektif dan soal uraian (Instrumen terlampir)
b)    Penugasan dalam bentuk tugas
2) Penilaian kompetensi sikap meliputi sikap terhadap materi pelajaran, terhadap guru pengajar, terhadap proses pembelajaran, dan nilai atau norma yang berhubungan dengan materi (Instrumen terlampir)
3) Penilaian kompetensi keterampilan (Instrumen terlampir)
                                                                                                       
Batu, 16 Agustus 2015                                                       Guru Mata Pelajaran Ekonomi,                   Guru Praktikan



Siti Wahyu Hidayati, SPd. MM                                          M. Zainul Arifin
NIP. 19651018 198903 2 007                                             NIM. 120431426456


Mengetahui :
Kepala SMAN 2Batu,



Drs. PAMOR PATRIAWAN

NIP. 19611009 198803 1 006 

No comments:

Post a Comment