Monday, 21 November 2016

RPP kelas XI KD-3.1 Pembangunan Ekonomi

DINAS PENDIDIKAN KOTA BATU
SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 BATU
(STATE SENIOR HIGH SCHOOL)
Program Studi :Ilmu Bahasa; Ilmu Alam; dan Ilmu Sosial
Jl. Hasanuddin,  Junrejo, Batu. ((0341) 465454
=====================================================================================

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
     
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester         : XI EKONOMI 1 / GANJIL
Materi Pokok              : Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
AlokasiWaktu             : 2 X 45 Menit
Pertemuan                   : ke 1

A.   KOMPETENSI  INTI (KI)
1.         Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.         Menghayati, mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3.         Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.         Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mensyukuri pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat
2.1  Bersikap jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi permasalahan pembangunan di Indonesia
3.1  Mendeskripsikan konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
4.1  Menyajikan temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara mengatasinya

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1   Mengamalkan ajaran agama dalam konsep pembangunan ekonomi, petumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara mengatasinya
2.1.1   Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras, sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1.1   Mendiskripsikan pengertian pembangunan ekonomi
3.1.2   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
3.1.3   Mengidentifikasi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
3.1.4   Mengidentifikasi masalah-masalah pembangunan ekonomi di Negara berkembang
3.1.5   Mengidentifikasi kebijakan dan strategi pembangunan
4.1.1   Menyajikan laporan mengenai pertumbuhan ekonomi

D.      Materi Pembelajaran (terlampir)
1.      Pengertian pembangunan ekonomi
2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
3.      Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
4.      masalah-masalah pembangunan ekonomi di Negara berkembang
5.      Kebijakan dan strategi pembangunan

E. Langkah-Langkah KegiatanPembelajaran
Kegiatan
Pendekatan, Metode & Model
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
Saintifik

Discovery Learning

Snowball

·   Menyiapkan peserta didik secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
·   Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai pembangunan ekonomi.
·   Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran
·   Memperkenalkan kepada siswa tentang model pembelajaran Snowball
10 menit
INTI
Stimulus
·    Menampilkan gambar mengenai pembangunan ekonomi di Indonesia
·   Siswa mengamati gambar mengenai pembangunan ekonomi di Indonesia
6 menit
Mengamati
(Observing)
·   Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan guru menyampaikan materi
6 menit

Menanya(Questioning)

·   Siswa bertanya terkait pembangunan ekonomi di Indonesia serta tanya jawab interaktif dengan guru
6 menit
Mencoba / mengumpulkan informasi (Experimenting)
·   Siswa mengumpulkan informasi dan  berdiskusi dengan teman sebangkunya mengenai pembangunan ekonomi melalui browsing maupun dari buku teks.
6 menit
Snowball
·   Siswa melakukan metode Snowball dengan mencari pasangan masing-masing
20 menit
Menalar / mengasosiasi (Associating)
·   Siswa berdiskusi dengan pasangannya mengenai materi yang telah dibagi oleh guru
·   Mengerjakan Lembar Kerja Peserta Didik yang sudah dibagikan oleh guru.
16 menit
Mengkomunikasikan (Networking)
·   Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas
10 menit
PENUTUP

·   Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam
10 menit

F. Penilaian Proses dan Hasil Pembelajaran
Ø  Jenis      :    Tes          : Lembar Kerja
              Non Tes  : penilaian sikap dan keterampilan
Ø  Teknik dan bentuk penilaian :
1) Penilaian kompetensi pengetahuan
a)    Tes tulis dalam bentuk soal obyektif dan soal uraian (Instrumen terlampir)
b)    Penugasan dalam bentuk tugas
2) Penilaian kompetensi sikap
a)      Proses penyampaian materi
b)      Proses diskusi kelompok
c)      Proses presentasi
3) Penilaian kompetensi keterampilan (Instrumen terlampir)
a)      Hasil presentasi
b)      Hasil kelompok


G. Media, Alat,danSumber  Pembelajaran  
a.      Media                            : Media presentasi Power Point “Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi”
b.      Alat                               : Papan Tulis, Spidol/Kapur Tulis, Laptop, Penghapus
c.      Sumber Belajar             : Buku Ekonomi Kelas XI : Suparmin, dkk. 2014. EKONOMI XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Surakarta:Mediatama


                                                                                                       
Batu, 4 Agustus 2015                                                          Guru Mata Pelajaran Ekonomi,                   Guru Praktikan



Siti Wahyu Hidayati, SPd. MM                                          M. Zainul Arifin
NIP. 19651018 198903 2 007                                             NIM. 120431426456

Mengetahui :
Kepala SMAN 2 Batu,



Drs. PAMOR PATRIAWAN

NIP. 19611009 198803 1 006




LAMPIRAN 1 : LEMBAR PENILAIAN

            Mata Pelajaran            : Ekonomi
            Kelas / Semester         : XI EKONOMI 1
            Topik / Subtopic         : Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi
Indikator                     : Peserta didik menunjukkan kerja sama, santun, responsive dan    proaktif

1.      PENILAIAN SIKAP / PERILAKU pada saat diskusi Lembar Penilaian Diskusi
No.
Nama Siswa
Kerja Sama
Santun
Responsive
Proaktif
Nilai Sikap
Predikat
1
Achmad Ridho Bimbim Ivanka






2
Ainun Firrizka Al Khalala






3
Ainur Rosida






4
Ainy Novitasari






5
Ari Sandi Wafa Pratama






6
Arqom Fairus Dzakiyah






7
Bunga Gazani Pramudita






8
Damara Dias Kirana






9
Della Nadia






10
Deva Fernanda Ramadhan






11
Diajeng Intan Sari






12
Erlangga Agung Prasetyo






13
Faradilla Sakinah Zunda






14
Fauzul Lazualdi






15
Ferdian Galang Daniswara






16
Ferina Vita Rahmawati






17
Firly Achmad Syahroni






18
Indra Mahardika






19
Intan Puspita Rachmawati






20
Isabella Meidelin Mariani Koromat






21
Ismatur Rosidah






22
Marcus Meydika Teurupun






23
Melati Natania Hariyanto






24
Muhammad Nur Rohmansyah






25
Nahdhotul Agung Prayoga






26
Ngarsa Balma Purwadeskima






27
Ni Made Indah Wahyu Ariyanti








           



4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang

            Dengan Predikat
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ SB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
≤ 60

2.      PENILAIAN PENGETAHUAN

  1. Jelaskan perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan pembangunan ekonomi!
  2. Sebutkan dan jelaskan indikator pembangunan ekonomi!
  3. Sebutkan minimal 4 dampak positif dan negatif pembangunan ekonomi!

No
Jawaban
Skor Maksimal
1.
40
2.
Indikator ekonomi, di antaranya:
1. laju pertumbuhan ekonomi, yaitu proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang
2. Produk Nasional Bruto  (Gross National Income/GNI) per kapita, yaitu pendapatan nasional bruto dibagi dengan jumlah populasi penduduk.
3. GDP/PDB (Produk Domsetik Bruto) per kapita, yaitu jumlah nilai
barang dan jasa yang dihasilkan seluruh masyarakat di suatu negara selama
satu tahun
b. Indikator sosial, di antaranya:
1. Indeks Pembangunan Manusia (Human Development Index/HDI), yaitu  indeks komposit dari indeks harapan hidup, indeks pendidikan (indeks melek huruf dan indeks rata-rata lama sekolah), dan indeks standar hidup layak;
2. Indeks Mutu Hidup (Physical Quality Life Index/PQLI), yaitu indeks
komposit (gabungan) dari tiga indikator, yaitu harapan hidup pada
usia satu tahun, angka kematian, dan tingkat melek huruf.
30

3.
Dampak Pembangunan Ekonomi
a. Positif
Meningkatkan taraf hidup, meningkatkan jumlah kesempatan kerja, meningkatkan persediaan barang, meningkatkan kesetiakawanan sosial, dan mempermudah hidup manusia.
b. Negatif
SDA yang tidak dapat diperbaharui bisa habis, kerusakan fisik lingkungan, pencemaranair, udara, tanah dan suara, kesehatan dan keselamatan manusia terancam dan berubahnya gaya hidup.
30


No.
Nama Siswa
Soal
Jumlah Skor
Nilai
Predikat
1
2
3
1
Achmad Ridho Bimbim Ivanka


   



2
Ainun Firrizka Al Khalala


   



3
Ainur Rosida


   



4
Ainy Novitasari


   



5
Ari Sandi Wafa Pratama


   



6
Arqom Fairus Dzakiyah


   



7
Bunga Gazani Pramudita


   



8
Damara Dias Kirana


   



9
Della Nadia


   



10
Deva Fernanda Ramadhan


   



11
Diajeng Intan Sari


   



12
Erlangga Agung Prasetyo


   



13
Faradilla Sakinah Zunda


   



14
Fauzul Lazualdi


   



15
Ferdian Galang Daniswara


   



16
Ferina Vita Rahmawati


   



17
Firly Achmad Syahroni


   



18
Indra Mahardika


   



19
Intan Puspita Rachmawati






20
Isabella Meidelin Mariani Koromat





21
Ismatur Rosidah






22
Marcus Meydika Teurupun






23
Melati Natania Hariyanto


  



24
Muhammad Nur Rohmansyah






25
Nahdhotul Agung Prayoga





26
Ngarsa Balma Purwadeskima


  



27
Ni Made Indah Wahyu Ariyanti








PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ SB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
≤ 60




No.
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Jumlah Skor
Nilai
Predikat
Kerja Sama
Memberi Pendapat
Toleransi
Kreatif
1
Achmad Ridho Bimbim Ivanka







2
Ainun Firrizka Al Khalala







3
Ainur Rosida







4
Ainy Novitasari







5
Ari Sandi Wafa Pratama







6
Arqom Fairus Dzakiyah







7
Bunga Gazani Pramudita







8
Damara Dias Kirana







9
Della Nadia







10
Deva Fernanda Ramadhan







11
Diajeng Intan Sari







12
Erlangga Agung Prasetyo







13
Faradilla Sakinah Zunda







14
Fauzul Lazualdi







15
Ferdian Galang Daniswara







16
Ferina Vita Rahmawati







17
Firly Achmad Syahroni







18
Indra Mahardika







19
Intan Puspita Rachmawati







20
Isabella Meidelin Mariani Koromat







21
Ismatur Rosidah







22
Marcus Meydika Teurupun







23
Melati Natania Hariyanto







24
Muhammad Nur Rohmansyah







25
Nahdhotul Agung Prayoga







26
Ngarsa Balma Purwadeskima







27
Ni Made Indah Wahyu Ariyanti







3.      PENILAIAN KETERAMPILAN


Keterangan Skor         :
4.      Jika siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3.      Jika siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 2 – 3 kali
2.      Jika siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 1 kali
1.      Jika siswa tidak menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai


Kriteria Nilai :
PREDIKAT
NILAI
Sangat Baik (SB)
80 ≤ SB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
≤ 60

  

No comments:

Post a Comment