SEKOLAH
MENENGAH ATAS NEGERI 2 BATU
(STATE
SENIOR HIGH SCHOOL)
Program Studi :Ilmu Bahasa; Ilmu Alam;
dan Ilmu Sosial
Jl. Hasanuddin,  Junrejo, Batu. ((0341)
465454
=====================================================================================
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester         : XI EKONOMI 1 / GANJIL
Materi Pokok              : Pembangunan dan Pertumbuhan
Ekonomi
AlokasiWaktu             :
2 X 45 Menit
Pertemuan                   : ke 1
A.   KOMPETENSI  INTI (KI)
1.        
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2.        
Menghayati,
mengamalkan perilakujujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan social dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3.        
Memahami,
menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, procedural berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian,  serta menerapkan pengetahuan
procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk
memecahkan masalah
4.        
Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
B.      
Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1  Mensyukuri
pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia untuk kesejahteraan rakyat 
2.1  Bersikap jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli, kreatif, dan mandiri dalam upaya mengatasi
permasalahan pembangunan di Indonesia 
3.1  Mendeskripsikan
konsep pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi, permasalahan dan cara
mengatasinya
4.1  Menyajikan
temuan permasalahan pembangunan ekonomi dan pertumbuhan ekonomi serta cara
mengatasinya
C.     
Indikator Pencapaian
Kompetensi
1.1.1  
Mengamalkan ajaran agama dalam konsep pembangunan ekonomi, petumbuhan ekonomi,
permasalahan dan cara mengatasinya
2.1.1  
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, kerja keras,
sederhana, mandiri, adil, berani, peduli dalam melakukan kegiatan ekonomi
3.1.1  
Mendiskripsikan pengertian pembangunan ekonomi
3.1.2  
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
3.1.3  
Mengidentifikasi indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
3.1.4  
Mengidentifikasi masalah-masalah pembangunan ekonomi di Negara berkembang
3.1.5  
Mengidentifikasi kebijakan dan strategi
pembangunan
4.1.1   Menyajikan
laporan mengenai pertumbuhan ekonomi
D.      Materi Pembelajaran (terlampir)
1.     
Pengertian pembangunan ekonomi
2.     
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembangunan ekonomi
3.     
Indikator keberhasilan pembangunan ekonomi
4.     
masalah-masalah pembangunan ekonomi di Negara berkembang
5.     
Kebijakan dan strategi pembangunan
E. Langkah-Langkah KegiatanPembelajaran
| 
Kegiatan | 
Pendekatan,
   Metode & Model | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Alokasi waktu | 
| 
PENDAHULUAN | 
Saintifik 
Discovery Learning 
Snowball | 
·  
  Menyiapkan peserta didik
  secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran) 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai
  pembangunan ekonomi. 
·  
  Menyampaikan KI, KD, dan
  tujuan pembelajaran 
·  
  Memperkenalkan kepada siswa tentang model
  pembelajaran Snowball | 
10 menit | 
| 
INTI | 
Stimulus | 
·  
   Menampilkan gambar mengenai pembangunan
  ekonomi di Indonesia 
·  
  Siswa mengamati
  gambar mengenai pembangunan ekonomi di Indonesia | 
6 menit | 
| 
Mengamati 
(Observing) | 
·  
  Siswa membaca buku
  teks ekonomi dan memperhatikan guru menyampaikan materi  | 
6 menit | |
| 
Menanya(Questioning) | 
·  
  Siswa bertanya
  terkait pembangunan ekonomi di Indonesia serta tanya jawab interaktif dengan
  guru  | 
6 menit | |
| 
Mencoba
  / mengumpulkan informasi
  (Experimenting) | 
·   Siswa mengumpulkan informasi dan  berdiskusi dengan teman
  sebangkunya mengenai pembangunan ekonomi melalui browsing maupun dari buku
  teks. | 
6 menit | |
| 
Snowball | 
·  
  Siswa melakukan
  metode Snowball dengan mencari pasangan masing-masing | 
20 menit | |
| 
Menalar
  / mengasosiasi (Associating) | 
·   Siswa berdiskusi dengan pasangannya mengenai materi
  yang telah dibagi oleh guru 
·   Mengerjakan
  Lembar Kerja Peserta Didik yang sudah dibagikan oleh guru. | 
16 menit | |
| 
Mengkomunikasikan (Networking) | 
·   Siswa menyampaikan hasil diskusi di depan kelas | 
10 menit | |
| 
PENUTUP |  | 
·   Siswa dan guru
  bersama-sama membuat kesimpulan 
·   Menyampaikan rencana pembelajaran
  pada pertemuan berikutnya 
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam | 
10 menit | 
F. Penilaian Proses
dan Hasil Pembelajaran
Ø  Jenis      :    Tes          : Lembar Kerja
              Non Tes  : penilaian sikap dan keterampilan
Ø 
Teknik dan bentuk penilaian
:
1) Penilaian kompetensi
pengetahuan 
a)    Tes tulis dalam bentuk soal obyektif dan soal uraian
(Instrumen terlampir)
b)    Penugasan dalam bentuk tugas 
2)
Penilaian kompetensi sikap 
a)      Proses
penyampaian materi
b)      Proses
diskusi kelompok
c)      Proses
presentasi
3)
Penilaian kompetensi keterampilan
(Instrumen terlampir)
a)      Hasil
presentasi
b)      Hasil
kelompok
G. Media, Alat,danSumber  Pembelajaran   
a.      Media                            :
Media presentasi Power Point “Pembangunan
dan Pertumbuhan Ekonomi”
b.     
Alat                               : Papan Tulis, Spidol/Kapur
Tulis, Laptop, Penghapus
c.     
Sumber Belajar             : Buku Ekonomi Kelas XI : Suparmin, dkk. 2014. EKONOMI XI Peminatan Ilmu-ilmu Sosial. Surakarta:Mediatama
Batu, 4 Agustus 2015                                                          Guru Mata Pelajaran Ekonomi,                   Guru
Praktikan
Siti
Wahyu Hidayati, SPd. MM                                          M.
Zainul Arifin 
NIP. 19651018 198903 2 007                                             NIM.
120431426456
Mengetahui :
Kepala SMAN 2 Batu,
Drs. PAMOR PATRIAWAN
NIP. 19611009 198803 1 006
LAMPIRAN
1 : LEMBAR PENILAIAN
            Mata Pelajaran            : Ekonomi
            Kelas
/ Semester         : XI EKONOMI 1
            Topik
/ Subtopic         : Pembangunan dan
Pertumbuhan Ekonomi
Indikator                     :
Peserta didik menunjukkan kerja sama, santun, responsive dan    proaktif
1.      PENILAIAN SIKAP / PERILAKU pada saat diskusi Lembar
Penilaian Diskusi
| 
No. | 
Nama
  Siswa | 
Kerja
  Sama | 
Santun | 
Responsive | 
Proaktif | 
Nilai
  Sikap | 
Predikat | 
| 
1 | 
Achmad Ridho Bimbim Ivanka  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 | 
Ainun Firrizka Al Khalala |  |  |  |  |  |  | 
| 
3 | 
Ainur Rosida |  |  |  |  |  |  | 
| 
4 | 
Ainy Novitasari |  |  |  |  |  |  | 
| 
5 | 
Ari Sandi Wafa Pratama |  |  |  |  |  |  | 
| 
6 | 
Arqom Fairus Dzakiyah |  |  |  |  |  |  | 
| 
7 | 
Bunga Gazani Pramudita |  |  |  |  |  |  | 
| 
8 | 
Damara Dias Kirana |  |  |  |  |  |  | 
| 
9 | 
Della Nadia |  |  |  |  |  |  | 
| 
10 | 
Deva Fernanda Ramadhan |  |  |  |  |  |  | 
| 
11 | 
Diajeng Intan Sari |  |  |  |  |  |  | 
| 
12 | 
Erlangga Agung Prasetyo |  |  |  |  |  |  | 
| 
13 | 
Faradilla Sakinah Zunda |  |  |  |  |  |  | 
| 
14 | 
Fauzul Lazualdi |  |  |  |  |  |  | 
| 
15 | 
Ferdian Galang Daniswara |  |  |  |  |  |  | 
| 
16 | 
Ferina Vita Rahmawati |  |  |  |  |  |  | 
| 
17 | 
Firly Achmad Syahroni |  |  |  |  |  |  | 
| 
18 | 
Indra Mahardika |  |  |  |  |  |  | 
| 
19 | 
Intan Puspita Rachmawati |  |  |  |  |  |  | 
| 
20 | 
Isabella Meidelin Mariani Koromat |  |  |  |  |  |  | 
| 
21 | 
Ismatur Rosidah |  |  |  |  |  |  | 
| 
22 | 
Marcus Meydika Teurupun |  |  |  |  |  |  | 
| 
23 | 
Melati Natania Hariyanto |  |  |  |  |  |  | 
| 
24 | 
Muhammad Nur Rohmansyah |  |  |  |  |  |  | 
| 
25 | 
Nahdhotul Agung Prayoga |  |  |  |  |  |  | 
| 
26 | 
Ngarsa Balma Purwadeskima |  |  |  |  |  |  | 
| 
27 | 
Ni Made Indah Wahyu Ariyanti |  |  |  |  |  |  | 
4 = Sangat Baik
3 = Baik
2 = Cukup
1 = Kurang
            Dengan
Predikat
| 
PREDIKAT | 
NILAI | 
| 
Sangat Baik (SB) | 
80 ≤ SB ≤ 100 | 
| 
Baik (B) | 
70 ≤ B ≤ 79 | 
| 
Cukup (C) | 
60 ≤ C ≤ 69 | 
| 
Kurang (K) | 
≤ 60 | 
2.      PENILAIAN PENGETAHUAN
- Jelaskan perbedaan pertumbuhan ekonomi dengan
     pembangunan ekonomi!
- Sebutkan dan jelaskan indikator pembangunan ekonomi!
- Sebutkan minimal 4 dampak positif dan negatif
     pembangunan ekonomi!
| 
No | 
Jawaban | 
Skor Maksimal | 
| 
1. |  | 
40 | 
| 
2. | 
Indikator ekonomi, di
  antaranya: 
1. laju pertumbuhan
  ekonomi, yaitu proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang 
2. Produk Nasional
  Bruto  (Gross National Income/GNI) per
  kapita, yaitu pendapatan nasional bruto dibagi dengan jumlah populasi
  penduduk. 
3. GDP/PDB (Produk
  Domsetik Bruto) per kapita, yaitu jumlah nilai 
barang dan jasa yang
  dihasilkan seluruh masyarakat di suatu negara selama 
satu tahun 
b. Indikator sosial, di
  antaranya: 
1. Indeks Pembangunan
  Manusia (Human Development Index/HDI), yaitu 
  indeks komposit dari indeks harapan hidup, indeks pendidikan (indeks
  melek huruf dan indeks rata-rata lama sekolah), dan indeks standar hidup layak; 
2. Indeks Mutu Hidup
  (Physical Quality Life Index/PQLI), yaitu indeks 
komposit (gabungan)
  dari tiga indikator, yaitu harapan hidup pada 
usia satu tahun, angka
  kematian, dan tingkat melek huruf. | 
30 | 
| 
3. | 
Dampak Pembangunan
  Ekonomi 
a. Positif 
Meningkatkan taraf
  hidup, meningkatkan jumlah kesempatan kerja, meningkatkan persediaan barang,
  meningkatkan kesetiakawanan sosial, dan mempermudah hidup manusia. 
b. Negatif 
SDA yang tidak dapat
  diperbaharui bisa habis, kerusakan fisik lingkungan, pencemaranair, udara,
  tanah dan suara, kesehatan dan keselamatan manusia terancam dan berubahnya
  gaya hidup. | 
30 | 
| 
No. | 
Nama Siswa | 
Soal | 
Jumlah Skor | 
Nilai | 
Predikat | ||
| 
1 | 
2 | 
3 | |||||
| 
1 | 
Achmad Ridho Bimbim Ivanka  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 | 
Ainun Firrizka Al Khalala |  |  |  |  |  |  | 
| 
3 | 
Ainur Rosida |  |  |  |  |  |  | 
| 
4 | 
Ainy Novitasari |  |  |  |  |  |  | 
| 
5 | 
Ari Sandi Wafa Pratama |  |  |  |  |  |  | 
| 
6 | 
Arqom Fairus Dzakiyah |  |  |  |  |  |  | 
| 
7 | 
Bunga Gazani Pramudita |  |  |  |  |  |  | 
| 
8 | 
Damara Dias Kirana |  |  |  |  |  |  | 
| 
9 | 
Della Nadia |  |  |  |  |  |  | 
| 
10 | 
Deva Fernanda Ramadhan |  |  |  |  |  |  | 
| 
11 | 
Diajeng Intan Sari |  |  |  |  |  |  | 
| 
12 | 
Erlangga Agung
  Prasetyo |  |  |  |  |  |  | 
| 
13 | 
Faradilla Sakinah
  Zunda |  |  |  |  |  |  | 
| 
14 | 
Fauzul Lazualdi |  |  |  |  |  |  | 
| 
15 | 
Ferdian Galang
  Daniswara |  |  |  |  |  |  | 
| 
16 | 
Ferina Vita Rahmawati |  |  |  |  |  |  | 
| 
17 | 
Firly Achmad Syahroni |  |  |  |  |  |  | 
| 
18 | 
Indra Mahardika |  |  |  |  |  |  | 
| 
19 | 
Intan Puspita
  Rachmawati |  |  |  |  |  |  | 
| 
20 | 
Isabella Meidelin
  Mariani Koromat |  |  |  |  |  | |
| 
21 | 
Ismatur Rosidah |  |  |  |  |  |  | 
| 
22 | 
Marcus Meydika
  Teurupun |  |  |  |  |  |  | 
| 
23 | 
Melati Natania
  Hariyanto |  |  |  |  |  |  | 
| 
24 | 
Muhammad Nur
  Rohmansyah |  |  |  |  |  |  | 
| 
25 | 
Nahdhotul Agung
  Prayoga |  |  |  |  |  | |
| 
26 | 
Ngarsa Balma
  Purwadeskima |  |  |  |  |  |  | 
| 
27 | 
Ni Made Indah Wahyu
  Ariyanti |  |  |  |  |  |  | 
| 
PREDIKAT | 
NILAI | 
| 
Sangat Baik (SB) | 
80 ≤ SB ≤ 100 | 
| 
Baik (B) | 
70 ≤ B ≤ 79 | 
| 
Cukup (C) | 
60 ≤ C ≤ 69 | 
| 
Kurang (K) | 
≤ 60 | 
| 
No. | 
Nama
  Siswa | 
Aspek
  Pengamatan | 
Jumlah
  Skor | 
Nilai | 
Predikat | |||
| 
Kerja
  Sama | 
Memberi
  Pendapat | 
Toleransi | 
Kreatif | |||||
| 
1 | 
Achmad Ridho Bimbim Ivanka  |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
2 | 
Ainun Firrizka Al Khalala |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
3 | 
Ainur Rosida |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
4 | 
Ainy Novitasari |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
5 | 
Ari Sandi Wafa Pratama |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
6 | 
Arqom Fairus Dzakiyah |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
7 | 
Bunga Gazani Pramudita |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
8 | 
Damara Dias Kirana |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
9 | 
Della Nadia |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
10 | 
Deva Fernanda Ramadhan |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
11 | 
Diajeng Intan Sari |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
12 | 
Erlangga Agung Prasetyo |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
13 | 
Faradilla Sakinah Zunda |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
14 | 
Fauzul Lazualdi |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
15 | 
Ferdian Galang Daniswara |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
16 | 
Ferina Vita Rahmawati |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
17 | 
Firly Achmad Syahroni |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
18 | 
Indra Mahardika |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
19 | 
Intan Puspita Rachmawati |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
20 | 
Isabella Meidelin Mariani Koromat |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
21 | 
Ismatur Rosidah |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
22 | 
Marcus Meydika Teurupun |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
23 | 
Melati Natania Hariyanto |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
24 | 
Muhammad Nur Rohmansyah |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
25 | 
Nahdhotul Agung Prayoga |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
26 | 
Ngarsa Balma Purwadeskima |  |  |  |  |  |  |  | 
| 
27 | 
Ni Made Indah Wahyu Ariyanti |  |  |  |  |  |  |  | 
3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
Keterangan Skor         :
4.     
Jika
siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 3 kali
3.     
Jika
siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 2 – 3 kali
2.     
Jika
siswa menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai lebih dari 1 kali
1.     
Jika
siswa tidak menunjukkan aktifitas aspek yang dinilai
Kriteria Nilai :
| 
PREDIKAT | 
NILAI | 
| 
Sangat Baik (SB) | 
80 ≤ SB ≤ 100 | 
| 
Baik (B) | 
70 ≤ B ≤ 79 | 
| 
Cukup (C) | 
60 ≤ C ≤ 69 | 
| 
Kurang (K) | 
≤ 60 | 
 
No comments:
Post a Comment