Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA) XXX
Mata Pelajaran            :
Ekonomi
Kelas / Semester         : XI EKONOMI / Genap
Materi Pokok              : Kerja Sama Ekonomi Internasional
Alokasi Waktu            : 3 x 2JP (3x pertemuan)
A.   
Kompetensi
Inti (KI)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah
secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metode sesuai kaidah keilmuan 
B.     Kompetensi Dasar (KD)
3.9      
Mendeskripsikan
kerja sama ekonomi internasional
4.9      
Menyajikan
bentuk dan manfaat kerja sama ekonomi internasional
C.   
Indikator
3.9.1  
Menjelaskan
pengertian kerja sama ekonomi internasional
3.9.2  
Menyebutkan
manfaat kerja sama ekonomi internasional 
3.9.3  
Menjelaskan
manfaat kerja sama ekonomi internasional
3.9.4  
Menyebutkan
bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional 
3.9.5  
Menjelaskan
bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
3.9.6  
Menyebutkan
lembaga-lembaga ekonomi internasional 
3.9.7  
Menjelaskan
lembaga-lembaga ekonomi internasional
4.9.1  
Mempresentasikan
manfaat kerja sama ekonomi internasional
4.9.2  
Mempresentasikan
bentuk kerja sama ekonomi internasional
4.9.3  
Menampilkan
dampak kerjasama internasional dalam perekonomian Indonesia
D.   
Tujuan
Pembelajaran
3.9.1.1 
Peserta
didik mampu menjelaskan pengertian kerja sama ekonomi internasional
melalui  buku teks dengan baik dan benar
3.9.1.2 
Peserta
didik mampu menyebutkan manfaat kerja sama ekonomi internasional melalui  diskusi kelompok dengan baik dan benar  
3.9.1.3 
Peserta
didik mampu menjelaskan manfaat kerja sama ekonomi internasional melalui  diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.4 
Peserta
didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional melalui
diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.5 
Peserta
didik mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional melalui
diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.6 
Peserta
didik mampu menyebutkan lembaga-lembaga ekonomi internasional melalui diskusi
kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.7 
Peserta
didik mampu menjelaskan lembaga-lembaga ekonomi internasional melalui diskusi
kelompok dengan baik dan benar
4.9.1.1  Peserta didik mampu
mempresentasikan manfaat kerja sama ekonomi    
internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
4.9.1.2 
Peserta
didik mampu mempresentasikan bentuk kerja sama ekonomi     internasional melalui diskusi kelompok
dengan baik dan benar
4.9.1.3 
Peserta
didik mampu menampilkan dampak kerjasama internasional dalam perekonomian
Indonesia melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
E.    
Materi
Pembelajaran (terlampir)
1.       Fakta
Lembaga-lembaga ekonomi internasional 
2.     
Konsep 
a.       Pengertian kerja sama
ekonomi internasional 
b.      Manfaat kerja sama ekonomi
Internasional
c.       Bentuk-bentuk kerja sama
ekonomi internasional
F.     Metode Pembelajaran
1.     
Pendekatan                  : Scientific
2.     
Model                          :
GI, Jigsaw, NHT (problem based learning)
3.     
Metode                        :
Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan presentasi
G.   
Kegiatan Pembelajaran
1.     
Pertemuan I
| 
Kegiatan | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Alokasi waktu | 
| 
PENDAHULUAN | 
·  
  Menyiapkan peserta didik
  secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran) 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai perdagangan
  internasional 
·  
  Menyampaikan KI, KD, dan
  tujuan pembelajaran 
·  
  Memperkenalkan kepada siswa tentang model
  pembelajaran Group Investigation | 
10 menit | 
| 
INTI | 
Mengamati 
·   Menampilkan slide
  mengenai pengertian dan manfaat kerja sama ekonomi Internasional 
·   Siswa
  mengamati slide pengertian dan manfaat kerja sama ekonomi Internasional 
·  
  Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan
  guru menyampaikan materi  | 
12 menit | 
| 
Menanya 
·  
  Siswa bertanya terkait pengertian dan manfaat
  kerja sama ekonomi Internasional serta tanya jawab interaktif dengan guru  | 
6 menit | |
| 
·   Siswa
  melakukan metode GI  dengan membentuk 5 kelompok | 
16 menit | |
| 
Menalar / mengasosiasi 
·   Siswa
  mengerjakan lembar kerja yang telah diberikan oleh guru  | 
21 menit | |
| 
Mengkomunikasikan 
·     
  Meminta beberapa
  peserta didik dari masing-masing kelompok 
  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas | 
10 menit | |
| 
PENUTUP | 
·  
  Siswa dan guru bersama-sama
  membuat kesimpulan 
·  
  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 
·  
  Salah satu siswa memimpin
  doa mengucapkan salam | 
10 menit | 
2.     
Pertemuan II
| 
Kegiatan | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Alokasi waktu | 
| 
PENDAHULUAN | 
·  
  Menyiapkan peserta didik
  secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran) 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai manfaat
  kerja sama ekonomi Internasional 
·  
  Menyampaikan KI, KD, dan
  tujuan pembelajaran 
·  
  Memperkenalkan kepada siswa tentang model
  pembelajaran Jigsaw | 
10 menit | 
| 
INTI | 
Mengamati 
·   Menampilkan slide
  mengenai bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional 
·   Siswa
  mengamati slide bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional 
·  
  Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan
  guru menyampaikan materi  | 
12 menit | 
| 
Menanya 
·  
  Siswa bertanya terkait bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional  serta tanya jawab interaktif dengan guru  | 
6 menit | |
| 
·   Siswa
  melakukan metode Jigsaw dengan
  membagi siswa menjadi 5 kelompok dengan masing-masing angguta kelompok
  sebanyak 5 siswa.  | 
16 menit | |
| 
Menalar / mengasosiasi 
·   Siswa mengerjakan
  lembar kerja yang telah diberikan oleh guru  | 
21 menit | |
| 
Mengkomunikasikan 
·     
  Meminta beberapa
  peserta didik dari masing-masing kelompok 
  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas | 
10 menit | |
| 
PENUTUP | 
·  
  Siswa dan guru bersama-sama
  membuat kesimpulan 
·  
  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya 
·  
  Salah satu siswa memimpin
  doa mengucapkan salam | 
10 menit | 
3.     
Pertemuan III
| 
Kegiatan | 
Kegiatan
   Pembelajaran | 
Alokasi waktu | 
| 
PENDAHULUAN | 
·  
  Menyiapkan peserta didik
  secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran) 
·  
  Mengajukan
  pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai
  bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional 
·  
  Menyampaikan KI, KD, dan
  tujuan pembelajaran 
·  
  Memperkenalkan kepada siswa tentang model
  pembelajaran Number Head Together | 
10 menit | 
| 
INTI | 
Mengamati 
·   Menampilkan slide
  mengenai lembaga-lembaga ekonomi
  internasional 
·   Siswa
  mengamati slide  lembaga-lembaga
  ekonomi internasional 
·  
  Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan
  guru menyampaikan materi  | 
12 menit | 
| 
Menanya 
·  
  Siswa bertanya terkait  lembaga-lembaga
  ekonomi internasional serta tanya jawab interaktif dengan guru  | 
6 menit | |
| 
·   Siswa
  melakukan metode NHT dengan membagi
  kelompok sebanyak 5 siswa dan masing-masing anggota mendapatkan satu
  pertanyaan. | 
16 menit | |
| 
Menalar / mengasosiasi 
·   Siswa
  mengerjakan lembar kerja yang telah diberikan oleh guru  | 
21 menit | |
| 
Mengkomunikasikan 
·     
  Meminta beberapa
  peserta didik dari masing-masing kelompok 
  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas | 
10 menit | |
| 
PENUTUP | 
·  
  Siswa dan guru bersama-sama
  membuat kesimpulan 
·  
  Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan memberikan tugas 
·  
  Salah satu siswa memimpin
  doa mengucapkan salam | 
10 menit | 
H.    PenilaianProsesdanHasilPembelajaran
Ø  Jenis      :    Tes         : Lembar Kerja
              Non Tes  : Lembar
pengamatan/ rubrik penilaian diskusi dan presentasi
Ø  Teknik
dan bentuk penilaian :
1) Penilaian kompetensi
pengetahuan 
a)    Tes tulis dalam bentuk soal obyektif dan soal uraian
b)    Penugasan dalam bentuk tugas
2)
Penilaian kompetensi sikap 
a)      Proses
diskusi kelompok
b)      Proses
presentasi
3)
Penilaian kompetensi keterampilan
a)      Hasil
presentasi
b)      Hasil
diskusi kelompok
I.      
Media,
alat, dan sumber pembelajaran
1.      Media
Internet,
Powerpoint
2.      Alat/Bahan
Laptop,
LCD, buku materi
3.      Sumber
pembelajaran
1.     
Buku Paket Ekonomi Kelas XI
2.     
Buku-buku lain yang relevan
3.      Informasi
melalui media cetak dan internet
 
No comments:
Post a Comment