Monday, 21 November 2016

RPP KD 3.9 Kelas XI Kerja Sama Ekonomi Internasional

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Satuan Pendidikan      : Sekolah Menengah Atas (SMA) XXX
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester         : XI EKONOMI / Genap
Materi Pokok              : Kerja Sama Ekonomi Internasional
Alokasi Waktu            : 3 x 2JP (3x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti (KI)
3.    Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
4.    Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar (KD)
3.9       Mendeskripsikan kerja sama ekonomi internasional
4.9       Menyajikan bentuk dan manfaat kerja sama ekonomi internasional

C.    Indikator
3.9.1   Menjelaskan pengertian kerja sama ekonomi internasional
3.9.2   Menyebutkan manfaat kerja sama ekonomi internasional
3.9.3   Menjelaskan manfaat kerja sama ekonomi internasional
3.9.4   Menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
3.9.5   Menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
3.9.6   Menyebutkan lembaga-lembaga ekonomi internasional
3.9.7   Menjelaskan lembaga-lembaga ekonomi internasional
4.9.1   Mempresentasikan manfaat kerja sama ekonomi internasional
4.9.2   Mempresentasikan bentuk kerja sama ekonomi internasional
4.9.3   Menampilkan dampak kerjasama internasional dalam perekonomian Indonesia


D.    Tujuan Pembelajaran
3.9.1.1  Peserta didik mampu menjelaskan pengertian kerja sama ekonomi internasional melalui  buku teks dengan baik dan benar
3.9.1.2  Peserta didik mampu menyebutkan manfaat kerja sama ekonomi internasional melalui  diskusi kelompok dengan baik dan benar 
3.9.1.3  Peserta didik mampu menjelaskan manfaat kerja sama ekonomi internasional melalui  diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.4  Peserta didik mampu menyebutkan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.5  Peserta didik mampu menjelaskan bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.6  Peserta didik mampu menyebutkan lembaga-lembaga ekonomi internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
3.9.1.7  Peserta didik mampu menjelaskan lembaga-lembaga ekonomi internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
4.9.1.1  Peserta didik mampu mempresentasikan manfaat kerja sama ekonomi     internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
4.9.1.2  Peserta didik mampu mempresentasikan bentuk kerja sama ekonomi     internasional melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar
4.9.1.3  Peserta didik mampu menampilkan dampak kerjasama internasional dalam perekonomian Indonesia melalui diskusi kelompok dengan baik dan benar

E.     Materi Pembelajaran (terlampir)
1.       Fakta
Lembaga-lembaga ekonomi internasional
2.      Konsep
a.       Pengertian kerja sama ekonomi internasional
b.      Manfaat kerja sama ekonomi Internasional
c.       Bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional

F.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                  : Scientific
2.      Model                          : GI, Jigsaw, NHT (problem based learning)
3.      Metode                        : Ceramah, tanya jawab, penugasan, dan presentasi
G.    Kegiatan Pembelajaran
1.      Pertemuan I
Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
·   Menyiapkan peserta didik secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
·   Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai perdagangan internasional
·   Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran
·   Memperkenalkan kepada siswa tentang model pembelajaran Group Investigation
10 menit
INTI
Mengamati
·   Menampilkan slide mengenai pengertian dan manfaat kerja sama ekonomi Internasional
·   Siswa mengamati slide pengertian dan manfaat kerja sama ekonomi Internasional
·   Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan guru menyampaikan materi
12 menit
Menanya
·   Siswa bertanya terkait pengertian dan manfaat kerja sama ekonomi Internasional serta tanya jawab interaktif dengan guru
6 menit
·   Siswa melakukan metode GI  dengan membentuk 5 kelompok
16 menit
Menalar / mengasosiasi
·   Siswa mengerjakan lembar kerja yang telah diberikan oleh guru
21 menit
Mengkomunikasikan
·      Meminta beberapa peserta didik dari masing-masing kelompok  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas
10 menit
PENUTUP
·   Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam
10 menit

2.      Pertemuan II
Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
·   Menyiapkan peserta didik secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
·   Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai manfaat kerja sama ekonomi Internasional
·   Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran
·   Memperkenalkan kepada siswa tentang model pembelajaran Jigsaw
10 menit
INTI
Mengamati
·   Menampilkan slide mengenai bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
·   Siswa mengamati slide bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
·   Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan guru menyampaikan materi
12 menit
Menanya
·   Siswa bertanya terkait bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional  serta tanya jawab interaktif dengan guru
6 menit
·   Siswa melakukan metode Jigsaw dengan membagi siswa menjadi 5 kelompok dengan masing-masing angguta kelompok sebanyak 5 siswa.
16 menit
Menalar / mengasosiasi
·   Siswa mengerjakan lembar kerja yang telah diberikan oleh guru
21 menit
Mengkomunikasikan
·      Meminta beberapa peserta didik dari masing-masing kelompok  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas
10 menit
PENUTUP
·   Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam
10 menit

3.      Pertemuan III
Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi waktu
PENDAHULUAN
·   Menyiapkan peserta didik secara psikis (berdoa) dan fisik (presensi dan peralatan pembelajaran)
·   Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berkaiatan dengan materi sebelumnya mengenai bentuk-bentuk kerja sama ekonomi internasional
·   Menyampaikan KI, KD, dan tujuan pembelajaran
·   Memperkenalkan kepada siswa tentang model pembelajaran Number Head Together
10 menit
INTI
Mengamati
·   Menampilkan slide mengenai lembaga-lembaga ekonomi internasional
·   Siswa mengamati slide  lembaga-lembaga ekonomi internasional
·   Siswa membaca buku teks ekonomi dan memperhatikan guru menyampaikan materi
12 menit
Menanya
·   Siswa bertanya terkait  lembaga-lembaga ekonomi internasional serta tanya jawab interaktif dengan guru
6 menit
·   Siswa melakukan metode NHT dengan membagi kelompok sebanyak 5 siswa dan masing-masing anggota mendapatkan satu pertanyaan.
16 menit
Menalar / mengasosiasi
·   Siswa mengerjakan lembar kerja yang telah diberikan oleh guru
21 menit
Mengkomunikasikan
·      Meminta beberapa peserta didik dari masing-masing kelompok  untuk mempresentasikan materi yang dibahas di depan kelas
10 menit
PENUTUP
·   Siswa dan guru bersama-sama membuat kesimpulan
·   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan memberikan tugas
·   Salah satu siswa memimpin doa mengucapkan salam
10 menit


H.    PenilaianProsesdanHasilPembelajaran
Ø  Jenis      :    Tes         : Lembar Kerja
              Non Tes : Lembar pengamatan/ rubrik penilaian diskusi dan presentasi
Ø  Teknik dan bentuk penilaian :
1) Penilaian kompetensi pengetahuan
a)    Tes tulis dalam bentuk soal obyektif dan soal uraian
b)    Penugasan dalam bentuk tugas
2) Penilaian kompetensi sikap
a)      Proses diskusi kelompok
b)      Proses presentasi
3) Penilaian kompetensi keterampilan
a)      Hasil presentasi
b)      Hasil diskusi kelompok

I.       Media, alat, dan sumber pembelajaran
1.      Media
Internet, Powerpoint
2.      Alat/Bahan
Laptop, LCD, buku materi
3.      Sumber pembelajaran
1.      Buku Paket Ekonomi Kelas XI
2.      Buku-buku lain yang relevan

3.      Informasi melalui media cetak dan internet

No comments:

Post a Comment